Indonesia tuan rumah piala dunia

Indonesia tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 mendatang. Selain Indonesia, Filipina dan Jepang juga menjadi tuan rumah di Piala Dunia mendatang. Indonesia, Filipina dan Jepang terpilih menjadi tuan rumah setelah memasuki putaran final pemilihan tuan rumah yang dilaksanakan oleh FIBA  pada tahun 2023 mendatang di Jenewa –  Swiss pada hari Sabtu, 9 Oktober lalu. Mereka mengalahkan Argentina dan Uruguay yang turut mengajukan diri sebagai tuan rumah ajang tersebut.

Indonesia tuan rumah piala dunia 2023“Ini bukan prestasi Perbasi, melainkan Indonesia dan orang yang cinta akan basket Indonesia. Karena sudah diberi kepercayaan, tentunya kami akan bertanggung jawab dalam melaksanakan penyelenggaraan ini dengan baik. Pekan depan kami akan mengadakan rapat dengan pemerintah terkait dengan berita ini, yang menyangkut dengan nama bangsa.” kata Danny Kosasih selaku ketua PB Perbasi. Minggu, 10 Desember 2017.

“Kami akan membentuk dua kelompok untuk event ini. Yang pertama untuk mengurus timnas yang akan bertanding tahun 2023 mendatang. Dan yang kedua untuk mepersiapkan bagaimana jadi tuan rumah yang baik.” lanjutnya.

“Minimal timnas kita tidak memalukan jadi harus dipersiapkan semaksimal mungkin. Lima tahun bukan lah waktu yang lama.” sambungnya.

Menpora Imam Nahwari turut mengapresiasi atas Indonesia tuan rumah Piala Dunia ini. Beliau mengatakan hal ini menjadi bukti kalau Indonesia layak dipercaya menggelar event yang berkelas Internasional. Setiap warga negara Indonesia harus mempersiapkan diri untuk menerima kepercayaan menjadi penyelengara acara berkelas dunia lainnya. Dan juga harus mempersiapkan segalanya dengan maksimum baik itu para atlet yang bertanding, infrastruktur, dan juga terus berlatih untuk memberikan sumbangan medali untuk Indonesia.

Imam juga akan berkordinasi dengan Erick Thohir selaku ketua Komiter Olimpiade Indonesia (KOI) yang juga merangkap sebagai President South East Asian Basketball Association (SEABA) agar semuanya dipersiapkan dengan matang.

Peran Erick Thohir sangatlah luar biasa. Pelatih Timnas Indonesia mengapresiasi atas apa yang telah dicapai Erick. Menggelar acara seperti Piala Dunia adalah kesempatan yang langka apalagi Indonesia tuan rumah Piala Dunia yang akan datang.

Indonesia jadi tuan rumah piala dunia 2023

“Luar biasa. Selamat buat basket dan semua pemain basket Indonesia. Harus diberi applause yang luar biasa kepada Erick Thohir yang sangat luar biasa memperjuangkan Indonesia sampai diberi kesempatan untuk menjadi tuan rumah di ajang bergengsi kelak.” tutur Fictor Gideon Roring, Pelatih Timnas.

Pelatih itu juga mengatakan kita (Indonesia) harus mempersiapkan segala aspek untuk melaksanakan event ini.

“Kita semua tidak ingin melihat Indonesia hanya sukses sebagai penyelenggara, dan kalah karena prestasi. Untuk itu, dia meminta PB Perbasi menaturalisasi pemain yang memiliki kualitas tinggi untuk memperkuat pasukan ‘Merah Putih’ ini”

“Dalam bidang infrastruktutr ktia tidak akan sulit, Indonesia sangat mampu melaksanakan itu. Istora Senayan, Hall A Basket yang sudah direnovasi serta Hall Basket Britama Arena Kelapa Gading juga bisa di gunakan. Sementara untuk pemain, saya bisa bantu untuk membangun timnya. Bermain di Piala Dunia bukan sembarangan. Sepertinya kita perlu pemain naturalisasi. Kenapa? Karne kita punya banyak perbedaan dengan pemain kelas dunia mulai dari taktikal sampai postur tubuh dan lainnya. Pasti akan menjadi hal yang sulit. Dan tidak hanya satu melainkan lebih. Ingat, ini Piala Dunia yang berarti menurutsertakan banyak negara di seluruh dunia. Tim Indonesia juga perlu diperkuat untuk menghadapi pemain pemain kelas dunia.” itula tanggapan dan saran dari pelatih timnas tersebut.

Di persaingan atau kompetisi tingkat Asia Tenggara, Indonesia masih harus puas di peringkat ke dua (runner up). Tim garuda merah putih masih belum bisa mengalahkan tim didikan Johshua Vincent Reyes dan Joseph Uichico (pelatih dan asisten pelatih) yaitu tim Filipina.

Kabar duka buat seluruh pemain basket Indonesia, baca artikel nya disini

Share