Indonesia tuan rumah piala dunia 2023

Piala Dunia Basket 2023 – Kabar gembira bagi semua pecinta olahraga basket di Indonesia. Pasalnya, ajang bergengsi Piala Dunia Basket 2023 rencananya akan digelar di Indonesia. Kepastian ini diperoleh setelah berhasil memenangi putaran final untuk pemilihan calon tuan ruman piala dunia basket 2023. Indonesia bersama Jepang dan Filipina resmi menjadi tuan rumah ajang bergengsi Piala Dunia FIBA atau Federasi Bola Basket International 2023. Keputusan ini diambil di Jenewa, Swiss, pada Sabtu (9/12/2017) lalu. Kabar ini pun menjadi kabar yang sangat melegakan bagi pecinta basket di Indonesia. Mereka bisa melihat langsung bagaimana jalannya proses kejuaraan kelas dunia tersebut. Momen langka yang sekaligus akan menjadi momen bersejarah untuk Indonesia dan Kejuaraan FIBA.

Piala Dunia FIBA 2023 juga mencatat secara penting lainnya. Ini adalah kali pertama kejuaraan FIBA yang digelar di tiga negara berbeda. Kejuaraan serupa sebelumnya hanya diadakan di satu negara. Pada Kejuaraan Piala Dunia FIBA 2014, perlombaan tingkat dunia ini diadakan di Spanyol. Lalu, lima tahun berikutnya, yaitu pada Piala Dunia FIBA 2019, perlombaan tersebut diadakan di China. Baru musim depan kejuaraan Piala Dunia FIBA 2023 diadakan di lebih dari satu negara. Ini tentu akan menjadi catatan sejarah tersendiri. Entah bagaimana teknis pelaksanaannya nanti, kita sebagai bangsa Indonesia harus berbangga diri karena menjadi salah satu negara Tuan Rumah Kejuaraan Dunia FIBA 2023. Segala persiapan harus dilakukan mulai sekarang agar tidak mengecewakan.

Berkaitan dengan terpilihnya 3 negara sekaligus untuk menggelar piala dunia FIBA 2023, Sekretaris Jenderal FIBA, Patrick Baumann, mengatakan bahwa terpilihnya Indonesia, Jepang, dan Fillipina ini terjadi karena negara-negara tersebut memiliki semangat tinggi untuk menggelar event besar ini. FIBA pun melihat usaha mereka dan mendukung mereka untuk menggelar kejuaraan ini. Semangat yang tinggi daam mempersiapkan diri untuk menggelar kejuaraan dunia tentu akan sangat bagus untuk mendukung kelancaran acara. Tak hanya semangatnya yang tinggi, tiga negara ini juga mempunya lebih dari 500 juta penduduk yang mayoritasnya masih berusia sangat muda. Ini menjadi daya tarik sendiri dari pihak pengurus FIBA.

Di dalam presentasi final pada Jumat (8/12/2017), pihak FIBA menjelaskan ada 3 prinsip yang sangat diunggulkan ketika menjadi tuan rumah tunuk Piala Dunia Basket FIBA 2023. Prinsip tersebut termasuk kesederhaan dalam mendesain turnamen tingkat dunia ini. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga fokus atlet dan juga olahraganya. Untuk itu, hanya ada 5 tempat di 3 kota kejuaraan yang letaknya berdekatan dengan akomodasi, medis, media, dan beberapa layanan penting lainnya. Oleh karena itu, eksplorasi Jakarta, Okinawa, dan Manila dianggap paling mudah dan paling efektif. Inilah yang mendorong mengapa akhirnya tiga negara inilah yang dipilih sebagai tuan rumah untuk kompetensi bergengsi bola basket tingkat dunia. Dan sekedar informasi untuk anda, bahwa piala dunia ini akan menjadi hal yang paling di tunggu-tunggu di seluruh dunia. Bergabunglah dengan agen taruhan piala dunia 2018 sekarang!

Kesempatan Indonesia untuk menjadi tuan rumah di kejuaraan tingkat dunia Bola Basket FIBA 2023 ini jelas tidak hanya menjadi sejarah baru. Ini adalah salah satu bentuk kepercayaan internasional terhadap kinerja Indonesia. Untuk itu, pihak Indonesia sebaiknya bisa menjadi tuan rumah yang baik. Dengan digelarnya turnamen-turnamen bergengsi di Indonesia, ini akan menjadi peluang besar untuk memotivasi anak-anak negeri agar lebih baik dalam membela negaranya di kejuaraan tersebut. Bertanding di kandang sendiri tentu akan lebih bersemangat. Kelak, tak hanya ajang piala dunia basket saja, Indonesia harus terus bersiap supaya bisa menjadi tuan rumah untuk ajang bergengsi lain seperti piala dunia sepak bola Viva di masa mendatang.

Kabar duka datang dari basket Indonesia baca artikel lengkapnya disini

Share